Kembang kertas merupakan tanaman asli Meksiko. Banyak ditemukan pada ketinggian 1400 m dpl. Kembang kertas tumbuh secara bergerombol dan menyukai tempat terbuka dengan intensitas cahaya matahari penuh. Kembang kertas termasuk sebagai tanaman menahun yang tumbuh tegak dengan ketinggian 40-60 cm. Daun berwarna hijau dan letaknya berhadapan, helai daunnya berbentuk memanjang dengan ujung meruncing, tepi rata dengan tulang daun melengkung. Warna bunga kembang kertas beraneka ragam, dari merah tua, pink, kuning, dan keunguan yang keluar dari ujung batang. Perbanyakan tanaman kembang kertas ini dengan menggunakan biji yang telah mengering.

Rabu, 02 Juni 2010

Pakis


Pesona pakis menampilkan kesan segar nan hijau.  Jenis tumbuhan pakis ini sangat praktis dalam perawatan, sehingga dapat menjadi alternatif koleksi flora di halaman rumah.  Tumbuhan yang masuk dalam species paku-pakuan (pteridophyta) menawarkan daya pikat yang luar biasa, dengan batang yang panjang dan dipenuhi dedaunan menjuntai nan hijau membuat mata terasa sejuk memandangnya.  
Tanaman pakis hidup dalam dua media, sebagai saprofit dan epifit dan menyukai tempat lembab.  Kelebihan pakis terletak pada  susunan daun yang menarik, sehingga dapat digolongkan sebagai tanaman hias.  Beragam jenis pakis yang bisa ditemui, dari bentuk yang mungil sampai bentuk tinggi besar.  
Tanaman pakis sangat mudah dalam perawatannya.  Pada umumnya, dia menyukai tempat sejuk, intinya tak terlalu panas dan tak terlalu dingin.  penyiraman dilakukan hanya untuk menjaga suhu kelembabannya, agar tak kering.  Yang termasuk dalam species paku lainnya adalah ; paku tanduk rusa (platyoerium nidus), paku sarang burung (asplenium nidus), suplir (adiantum cuneatum) dan paku rane (selaginella wildenowji).  Bagi halaman yang tak cukup luas, tetapi kita ingin menampilkan kesan segar, maka tanaman pakis dapat menjadi salah satu pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar