Kembang kertas merupakan tanaman asli Meksiko. Banyak ditemukan pada ketinggian 1400 m dpl. Kembang kertas tumbuh secara bergerombol dan menyukai tempat terbuka dengan intensitas cahaya matahari penuh. Kembang kertas termasuk sebagai tanaman menahun yang tumbuh tegak dengan ketinggian 40-60 cm. Daun berwarna hijau dan letaknya berhadapan, helai daunnya berbentuk memanjang dengan ujung meruncing, tepi rata dengan tulang daun melengkung. Warna bunga kembang kertas beraneka ragam, dari merah tua, pink, kuning, dan keunguan yang keluar dari ujung batang. Perbanyakan tanaman kembang kertas ini dengan menggunakan biji yang telah mengering.

Minggu, 30 September 2012

Daun Sukun vs Ginjal

Tidak banyak yang tahu jika daun sukun (Artocarpus altilis) ternyata memiliki manfaat bagi  kesehatan.  Sebagian masyarakat hanya mengetahui manfaat buah sukun.  Daun sukun memiliki bentuk yang lebar dan terlihat keras, jika dikonsumsi secara rutin mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti ginjal, asam urat serta mampu menurunkan kadar gula dalam darah.
Daun sukun sangat efektif untuk mengobati beberapa penyakit kronis seperti liver, hepatitis, pembesaran limpa dan  penyakit jantung.  Manfaat daun sukun dalam mengobati penyakit ini dikarenakan daun sukun mengandung beberapa unsur seperti asam hidrosianat, asetilcolin, ribofafavlin, tannin dan beberapa senyawa lainnya yang berguna untuk mengatasi perdangan.  Rebusan daun sukun sebaiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari, agar pengobatan bisa dirasakan manfaatnya.   Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya memilih daun sukun yang berwarna hijau mencolok, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.  Kandungan klorofil daun sukun itulah yang memberikan manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar